Proses desain karoseri memiliki sesuatu yang khusus dimana customize menjadi salah satu nilai plus-nya. Boleh dikatakan karoseri lebih banyak membuat prototype dibanding unit yang sifatnya produksi masal. Sehingga dinamika perubahan desain sangatlah variatif dan cepat. Mendesain mobil di karoseri dilakukan dalam hitungan hari, atau kalaupun paling lama adalah minggu. Karena pertimbangan kebutuhan pelanggan untuk segera mendapatkan unit mobilnya seringkali adalah yang utama. Namun begitu, secara dasar prinsip-prinsip metode desain tetap harus dipenuhi agar memperoleh hasil desain yang bagus dan optimal.
Skema di atas memperlihatkan alur proses desain dari mulai order diterima (biasanya dari bagian pemasaran, atau siapapun yang berfungsi menerima order dari pelanggan) hingga unit selesai dibuat. Skema ini juga menggambarkan ruang lingkup seorang desainer produk, dimana dia harus mengikuti seluruh rangkaian proses ini untuk memastikan hasil desainnya dapat dibuat dengan baik dan benar. Beberapa istilah yang perlu dijelaskan dari skema di atas adalah :
* Studi existing : mencari tahu desain-desain yang sudah ada. Poinnya adalah : "apa gunanya memikirkan sesuatu dengan susah payah sementara orang lain ternyata sudah membuatnya."
* Comfort factor : berkaitan dengan ilmu ergonomis
* Design Requirement & Objective : berkenaan dengan fungsi-fungsi yang diinginkan terpenuhi, batasan-batasan yang ada (harga, platform dasar yang digunakan, dll), serta persyaratan pelanggan
* Brainstorming : Brain = otak. Storm = badai. Isi otak ini diobrak-abrik agar semua ide dapat terkeluarkan. Kalau dianalogikan seperti kita memeras air dari baju yang basah, dipelintir sampai berkali-kali putaran hingga air menetes tak ada yang tersisa. Brainstorming ini ada metodenya, salah satunya yang paling mudah adalah mengajukan ide secara bergiliran (dalam sebuah tim) hingga semua mendapat giliran dan kehabisan ide untuk dilontarkan
* Design drawing : gambar yang bisa digunakan sebagai gambar kerja untuk pembuatan unit. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah : proporsional/terskala, ukuran bisa dengan mudah diketahui, bentuk dapat tervisualisasikan, poin-poin yang harus jadi perhatian terinformasikan
* Product testing : untuk mengetahui apakah fungsi-fungsi sudah terpenuhi sebagaimana mestinya
* Tanabata : proses evaluasi produk yang biasa digunakan di dunia otomotif (Jepang). Akan coba dijelaskan dalam tulisan lain.
* FGD : focuss group discussion. Melakukan diskusi terfokus dalam sebuah grup yang biasanya isinya justru orang-orang di luar tim pembuat, untuk memperoleh masukan dari sisi pengguna produk/pengamat yang lain.